RESENSI BUKU PSIKOLOGI PENDIDIKAN Karangan Drs. Sumadi Suryabrata, B.A., M.A., Ed.S., Ph.D.

RESENSI BUKU
Oleh : Tyas Nadhifa As'ari 


IDENTITAS BUKU


Judul             : Psikologi Pendidikan
Pengarang    : Drs. Sumadi Suryabrata, B.A., M.A., Ed.S., Ph.D.
Penerbit        : PT Rajagrafindo Persada
Tempat Terbit: Jakarta
Tahun Terbit   : 1998
Edisi               : Cet kesembilan, Oktober 1998

Deskripsi Fisik : vii+354, ill, 20 cm
ISBN                : 979-421-082-x



RANGKUMAN ISI BUKU


      Pada hakikatnya inti persoalan psikologi pendidikan terletak pada anak didik, sebab pendidikan adalah perlakuan terhadap anak didik yang secara psikologis pelakuan tersebut harus selaras dengan keadaan anak didik. Dengan demikian permasalahan psikologis yang berperan dalam proses pendidikan anak dapat terjawab apabila pendidik dapat memberikan bantuan kepada anak didik agar berkembang secara wajar melalui bimbingan dan konseling, pemberian bahan pelajaran yang berstruktur dan berkualitas. Kemampuan pendidiktersebut di atas mendesak untuk dimiliki oleh pendidik, selain kemampuan pendidik dalam memahami hukum-hukum psikologis mengenai anak pada umumnya.



     Bab pertama berisi pendahuluan tentang perlu dan pentingnya psikologi pendidikan mengingat setiap orang itu pasti akan mendidik, maka psiokologi pendidikan itu dibutuhkan oleh setiap orang. Bab kedua membahas tentang sifat-sifat umum aktivitas manusia yang isinya berupa perhatian, pengamatan, tanggapan dan variasinya, fantasi, ingatan, berpikir, perasaan dan motif-motif yaitu dorongan untuk melakukan aktivitas tertentu guna mencapai suatu tujuan. Bab ketiga membahas tentang sifat-sifat khas kepribadian manusia. Ini dimaksudkan menjadi bekal bagi para pendidik dalam memahami para anak didiknya sehingga dapat berhadil menjalankan tugasnya.


     Bab keempat membahas tentang sifat-sifat khas individu dalam masalah inteligensi yang berisikan sifat hakikat inteligensi dan pengukurannya melalui perkembangan tes inteligensi pada umumnya, perkembangan tes inteligensi model binet dan test weschsler. Bab kelima membahas tentang perbedaan-perbedaan dalam bakat juga tentang bagaimanakah caranya kita mengenal bakat sesorang. Bab keenam membahas tentang perkembangan individu, faktor-faktor individu apakah yang mempengaruhi perkembangan. Bab ketujuh tentang perubahan idividu dalam belajar. Yang pertama membahas tentang perlu dan pentingnya masalah belajar dan ahli-ahli psikologi memegang peran utama dalam mengupas masalah belajar. Bab kedelapan membahas tentang penilaian hasil-hasil pendidikan. Di bab ini juga membahas tentang teknik penilaian berupa syarat-syarat penilaian yang baik, itu harus reliable, valid, objektif, diskriminatif, comprehensive, dan mudah digunakan.
KELEBIHAN BUKU


     Buku ini ditulis secara komprehensif dan solid, baik secara konseptual maupun teoretis. Hal inilah yang menyebabkan buku ini dicari dan dijadikan referensi berbagai kalangan mahasiswa, pendidik/dosen, dan kalangan lain yang berkecimpung dalam permasalahan psikologi pendidikan.


     Pembahasan dibuku ini memuat semua realita yang sedang terjadi dalam dunia pendidikan, mununjukkan kemuktahiran isi buku dengan kondisi pendidikan saat ini. Disetiap akhir bab, terdapat daftar pustaka sehingga menambah referensi bagi si pembaca. 


KEKURANGAN BUKU

     Isi dalam buku ini menggunakan bahasa yang tinggi sehingga calon pendidik kurang bisa memahami isi yang terkandung dalam buku. Serta sampul buku yang kurang menarik, karena hanya berupa judul tulisan, tanpa ada gambar yang menarik minat pembaca. Penggunaan bahasa asing yang terlalu banyak, membuat pembaca menjadi bosan. Tidak terdapat catatan kaki pada buku ini.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG AKU, JURUSANKU, DAN FAKULTASKU

PELAKSANAAN PKKMB UNY 2019